Sabtu, 16 April 2011

Sekerdar berbagi saya pernah mendapat tugas tentang perkembangan  peserta didik dari ibu ida umami dosen ppd, dan diminta mengirim melalui E-mail berikut kutipanya.




BAREP PANGESTU 10211539 EKO PPD 1
Sabtu, 2 April, 2011 00:19
Dari:
"Rendra Pangestu"

Kepada:
love_carrying@yahoo.com

1) Apakah yang dimaksud dengan tugas perkembangan?

Jawab:
  Maksud dari tugas perkembangan adalah:  tahapan yang harus dilaui dengan baik oleh seseorang dalam jenjang kehidupan, apabila tahapan yang dilalui tidak dilaksanakan dengan baik akan menghambat pada perkembangan tahap berikutnya, pada tiap tahapan seseorang idealnya melakukan tugas perkembangan sesuai tumbuh kembangnya, kesalah mengurus perkembangan anak akan berpengaruh pada masa dewasa.


2) Jelaskan dengan contoh 3 buah tugas perkembanan!

Jawab:

Tiga buah tugas perkembangan dapat dijelaskan sebagai berikut:

a) Memilhki kemampuan membina hubungan baru dengan lawan jenis yang sebaya.
Seorang remaja menjalani hubungan dengan lawan jenis untuk saling mengharagai. pada tahap ABG (Anak Baru Gede) yang di utamakan kesenangan, gampang cemburu, dan merasa memiliki seakan akan menjadi pasangan hidup selamanya, namun cepat sekali terjadi perpecaha. Hari ini berkata selamanya besok sampai disini saja.

  Pada tahapan yang lebih tinggi mulai memikirkan untuk hubungan kedepan, menjaga diri dan pasangan, menjalin hubungan sewajarnya.

b) Menerima keadan fisik dan mengaktualisikan secara efektif.
Pria yang menerima secara fisik, dia berbangga sebagai lelaki, akan mengikuti olahraga sepak bola, pencak silat, karate, serta melakukan perawatan diri agar terkesan maskulin di hadapan wanita.
Ada pula pria yang tidak suka olah raga, namun tetap di kategorikan menerima keadaan fisik bila, bebicara layaknya pria, berpakaian pria, hobi perang perangan, koleksi mobil-mobilan, menggabar tokoh heroik kartun, berani melakukan pekerjaan berat, pernyataan tegas tidak suka banci.

Begitu pula wanita, dia akan merawat tubuh agar terkesan anggun, hobi memasak agar kelak dapat melayani suami,  menanam atau merangkai bunga, berpakaian layaknya wanita, dan memiliki pria idaman.




c) mencapai kemerdekaan emosional dari orang dewasa.

Seorang remaja yang memiliki kemerdekaan emosi, dirinya tidak mau diatur-atur lagi, dia akan melakukan kebutuhan pribadi secara mandiri, serta memiliki perasaan hormat kepada orang tua dengan melakukan pekerjaan dan sekolah untuk membahagiakan orangtua maupun untuk membalas budi. Kemudian mencari penghasilan untuk meringankan beban orang tua secara ekonomi.


3) Usaha apa saja yang dapat Anda lakukan untuk pencapaian tugas perkembangan? (dengan contoh).

Jawab:
a) Dahalu saya berksperimen dengan gaya memimpin liberal maupun otoriter, gaya kepemimpinan keduanya memiliki banyak kekurangan, sekarang saya berusaha berfikir bijak untuk menjadi bijaksana dalam kepemimpinan. Kepemimpina diri, kelompok kecil, maupun organisasi.

b) Memahami diri ketika sedang marah dan panik, sehingga secepat mungkin tenanang, sabar dan berfikir jernih.

c) Menyatakan pada diri, bahwa sudah menemukan jati diri, serta menyadari adanya potensi yang perlu dikembangkan, serta memahami kekurangan diri untuk diminimalisir.


4) Mengapa pendidik perlu memahami tugas perkembangan remaja?

Jawab:
Pendidik perlu memahami tugas perkembangan remaja karena;

a) Agar pendidik menyadari kebutuhan dan permasalahan sosial remaja, sehinga tidak ada pemaksaan kehendak dari pendidik kepada remaja. Remaja melakukan tugas dengan kesadaran dari dalam, dirinya merasa membutuhkan yang diarahkan pendidik.

b) agar pendidik memperlakukan remaja untuk berpikir dewasa, dan membuat remaja merasa diperlakukan selayaknya orang dewasa, namun pendidik menyadi remaja merupakan tahapan menjadi dewasa, pada tahapan ini ada sifat kekanak-kanakan, sehingga pendidik harus memahami dan menyikapi dengan elegan.

c) agar pendidik membuka kesempatan remaja untuk mengamukakan ide, menerapkan kreatifitas, karena pada tahap ini akan muncul ide-ide brilian, intervensi berlebihan akan membunuh kreatifitas remaja. Pendidik berfungsi menengahi perselisihan, memberi jalan berupa solusi saat terjadi kebuntuan, meluruskan bila melampau batas.

5) Jelaskan tugas perkembangan yang berkaitan dengan aspek sosial-psikologis!

Jawab:
Tugas perkembangan berkaitan dengan aspek sosial-psikologis dapat dijelaskan bahwa manusia yang mengalami perkembangan akan ada peningkatan pada pola fikir tidak hanya pada pertumbuhan secara fisik, dengan kata lain memiliki kedewasaan secara psikologis dan sosial seiring bertambahnya umur.

Remaja yang memiliki kedewasaan psikologis memiliki kematangan dalam melakukan tidakan, mulai berfikir sebelum bertindak, serta mengontrol emosi dan hawanafsu. 

sementara remaja yang memilik kedewasaan sosial, akan berempati kepada orang yang lemah, dan berjuang untuk menlawan ketidak adilan yang dilakukan pemimpin dan penguasa.