Kamis, 27 Maret 2014


Salam literasi!

Dunia tulis-menulis memiliki banyak media dan teknik penulisannya. Banyak ragam satu tulisan jenis dengan tulisan yang lain memiliki karakteristik yang khas.  Antara buletin, materi khotbah, puisi, prosa, artikel non fiksi tentunya jika kita cermati dan bandingkan memilik warna pembeda. Bahkan antar generasi, zaman, kewilayahan memiliki karakteristik warna tersendiri. Jangankan kita berbicara pada lingkup yang besar, pada diri kita sendiri pun mengalami priodisasi dalam dunia tulis-menulis. Jika kita perhatikan sejak kita mengenal huruf ketika di TK/PAUD, kemudian belajar membaca hingga bisa menulis berbagai jenis karya tulisan, maka akan terlihat perubahan-perubahan yang terjadi dalam tulisan kita.

Salah satu khazanah dalam dunia tulis-menulis yang pernah saya kenal adalah pesan singkat(SMS) melalui telepon seluler. Mungkin sebagian ada yang menyepelekan dan tidak memasukan kedalam dunia tulis-menulis, atau menganggap biasa. SMS jika kita perhatikan dalam sejarahnya merupakan revolusi terbesar dalam dunia komunikasi, media surat menyurat dihantam habis-habisan hingga menjadikannya saat ini tergolong media konvensional dan pengguna sekarang terbatas.
Belum jika kita berbicara pengaruh, saat ini pengaruh telepon seluler belum mampu diimbangi oleh internet(mungkin akan berbeda di kemudian hari), hampir seluruh lapisan masyarakat mampu menjangkau dan berkomunikasi lewat SMS dan telepon. Pengaruhnya juga begitu cepat dengan dukungan banyaknya orang menggunakan, pesan berantai banyak terserap sebagai pengaruh psikologis secara positif dengan berupa penyampaian kata mutiara, motivasi atau pencerahan. Atau berupa pengaruh psikologis secara negatif, diantaranya menyebarnya SMS bohong, berupa penipuan, menakut-nakuti atau tahayul.

Kelemahannya dari SMS dengan media komunikasi mudah hilang, di sebabkan kemampuan kapasitas telepon terbatas. Maka sebagian saja yang tersimpan sebagian lagi terbuang. Serta jarang orang yang mau mendokumentasikan di telepon (kedalam draft, kotak masuk, atau yang lain) banyak yang memilih untuk menghapus. Serta yang mendokumentasikan pun tentu beberpa SMS yang menurutnya menarik. Kebanyakan pun menghapusnya, lantaran bosan, penuh, ganti kartu atau ponselnya di jual. Jarang yang mencoba untuk di dokumentasikan kedalam kertas.
Maka penulis karena suatu alasan, kekhasan SMS yang memciptakan ke intiman dua arah, pribadi serta keduanya terlibat belum bisa digantikan dengan media lain. Alasan kedua untuk mendokumentasikan SMS yang menurut penulis bagus, menggugah, mencerahkan penulis dokumentasikan kedalam kertas. Karena kebanyakan SMS-SMS yang didokumentasikan dalam tulisan ketika penulis masih SMA. Periodisasinya cukup panjang, ada yang tercatat tanggal 2008, lama sekali ya! Alhamdulilah masih terjaga. Penulis sedari dulu punya keinginan merubah SMS-SMS tersebut kedalam file namun memiliki banyak kendalam. Di antaranya keterbatasan alat, sehingga penulis lebih fokus terhadap jenis tulisan lain seperti facebook atau penulisan lewat buku.
Menurut pengamatan penulis, tema dalam SMS ketika SMA sangat beragam, ada yang humor, percintaan, persahabatan, motivasi, keagamaan atau yang lainnya. Penulis tertarik dengan SMS yang memiliki daya pengaruh kuat, menggugah serta mampu merubah paradigma pembaca menjadi lebih baik walau dengan kata-kata terbatas.

Maka harapanya pemaparan ini menjadi reuni masa SMS masih buming, dokumentasi pesan-pesan yang sudah terhapus dari ponsel kawan-kawan serta untuk menyalurkan pesan positif. Perlu di ingat, penulisan ulang SMS-SMS di bawah ini tidak dengan penyingkatan, agar dapat diterima oleh semua kalangan(Sebagian menganggap tulisan singkat di dunia maya sebagai AL4Y). Redaksinya penulis usahakan seasli mungkin, ada beberpa yang sulit terbaca, rumpang atau yang lain penulis lengkapi dengan tanda kurung. Maka untuk susuran kata dan pendalaman makna di anggap pembaca kurang bagus, harap di maklumi karena ini kebanyakan tulisan anak SMA yang dahulu belajar untuk berkontemplasi. Kalau ada yang di rasa bagus dan layak untuk di adaptasi sepatutnya jangan ditelan bulat-bulat perlu penggalian lagi.

Penulis juga menuliskan sumber atau cara penulis mendapatkan SMS. Sebisa mungkin penulis memaparkan sumber utama. Mungkin ada yang mendapat dengan tanggal lebih lama, sumber yang lebih valid atau merasa itu tulisannya harap di maklumi karena dunia SMS kebanyakan berkembang secara berantai, menjadi sulit untuk melacak siapa penulis pertamanya.

Penulis merunutkan SMS yang dipaparkan berdasarkan subjektifitas penulis, bukan kronlogis waktu.
Keriteria penilaian, SMS yang memiliki pesan positif, mampu menggugah pembaca, padat dan singkat. Keriteria bukan berarti keharusan semua tulisan memiliki. Ada tulisan yang hanya memenuhi satu keriteria, perunutan menurut hemat penulis yang paling lengkap memenuhi seluruh keriteria.

Ada pun tema besar yang penulis angkat:






tema yang lain sebenarnya ada, hanya ini transformasi dari SMS ke dalam buku kemudian ke dalam file lalu ke dunia maya. Tema lain sebagian masih di handphone penulis. Ada pun SMS topografi dengan bentuk-bentuk unik belum bisa penulis paparkan karena keterbatasan. Mungkin bisa di cari dalam buku yang memuat SMS topografi karakter.

Jika ada masukan penulis persilahkan, atau jika ingin konsep SMS penulis muat, silahkan SMS ke nomer yang ada di profil Facebook penulis. Jika tulisannya menurut penulis bagus insya Allah akan penulis muat. Terahir semoga tulisan ini bisa bertahan lama dan berguna untuk semuanya, semoga bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar