Kamis, 04 Juni 2009


Tingkat persaingan pasar menimbulkan bentuk persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna, hal itu secara tidak langsung mengharuskan perusahaan mempersiapkan produknya untuk masuk dan bermain pada jenis pasar yang mana agar sukses di pasaran, tingkat persaingan pasar dikelompokan menjadi 4 macam, yaitu :

  • Pasar Persaingan Sempurna

sering disebut pasar persaingan murni (pure competion) adalah pasar dimana terdapat banyak penjual tetapi tidak satupun dari mereka yang berkemampuan mempengatuhi harga pasar yang berlaku, baik dengan mengubah jumlah penawaran maupun harga produksi.

penyebabnya karena jumlah dan nilai transaksi dari setiap individu sangat kecil dan tidak berpengaruh pada jumlah dan nilai output indusri secara keseluruhan. akibatnya, individu tersebut tidak dapat mempengaruhi harga produk.

ciri-ciri :

  • semua perusahaan mempunyai barang yang homogen

artinya produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya.

  • baik produsen maupun konsumen memiliki pengetahuan atau informasi yang sempurna

dengan demikian, konsumen tidak mengalami perlakuan harga jual yang berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

  • output perusahaan relatif kecil dibandingkan dengan output pasar

barang yang berada dipasar tidak berasal dari satu produsen tetapi dari berbagai produsen yang biaya produksinya rata-rata sama.

  • harga yang ditentukan pasar diterima perusahaan (price taker)

perusahaan menjual produk berpatokan pada harga yang di tetapkan pasar.

  • semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar
  • mobilitas sumber-sumber ekonomi relatif cukup sempurna

Agar tidak terjadi kelangkaan barang.

- penjualan yang mendapatkan keuntungan paling besar adalah penjual yang paling banyak menjual barang dengan selisih masih lebih besar dari biaya yang dikeluarkannya.

kelebihan :

1. harganya jual termurah

2. jumlah output paling banyak sehingga ratio output produk maksimum

3. masyarakat merasa nyaman dalam membeli barang dan tidak merasa dibohongi

Kelemahan :

1. dalam hal asumsi, kurang biaya untuk mengadakan riset

2. dalam pengembangan teknologi, keuntungan yang diperoleh adalah sebatas hal normal

3. dalam konflik efisiensi - keadilan

4. dalam keterbatasan konsumen ketika menentukan pilihan karena barang yang diperjual-belikan homogen

dalam persaingan sempurna, perusahaan dikatakan mencapai keseimbangan equilibrium apabila perusahaan tersebut berhasil :

a. mencapai keuntungan maksimum

b. menderita kerugian minimum

c. memperoleh normal profit

keuntungan perusahaan adalah selisih antara total penerimaan di kurang total biaya

  • Pasar Monopoli

Macam - macam monopoli :

a. monopoli usaha

yang dilakukan oleh perusahaan atau badan usaha karena menguasai produksi dan penjualan suatu produk atau jasa sendiri tanpa saingan di suatu pasar.

b. monopoli perusahaan

yang berasal dari suatu kelompok usaha yang terdiri atas beberapa perusahaan yang menghasilkan produk yang relatif sama atau generik ( fungsi dan manfaat sama ).

c. monopoli pangsa pasar

Perusahaan tersebut menjadi pemimpin harga untuk produk yang sama, dihasilkan, dan dijual dipasaran.

ciri -ciri :

1. hanya ada satu penjual, sehingga penjual dapat bertindak sebagai pengambilan keputusan terhada harga

2. tidak ada ( lose subtitude ), penjual lain tidak ada yang mampu menyaingi dagangannya

3. pedangang lain tidak dapat masuk, ada hambatan untuk masuk, disebabkan undang - undang karena teknik yang canggih

4. jenis barang yang diperjual-belikan hanya semacam

5. pemerintah tidak campur tangan dalam penentuan harga

- pada perusahaan berlaku hukum pertambahan hasil yang berkurang ( the law of diminishing return ) = dalam jumlah produksi tertentu perusahaan masih mengalami keuntungan, akan tetapi manakala produksi telah mencapai titik maksimal maka hasilnya akan diperoleh justru akan menurun.

- dlam pasar monopoli akan terdapat pasar gela, akibat dari penetapan harga maksimum

contoh : kereta api, listrik, BBM, pos

  • Pasar persaingan monopolistik

sebagai pasar dengan banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak ( differ-entiated product ). model pasar monopolistik banyak dijumpai pada sektor jasa, misal salon, toko obat, toko kelontong.

ciri - ciri :

1. barang yang dihasilkan sejenis hanya coraknya berbeda

2. terdapat banyak penjual yang besarnya sama, jadi tidak ada perusahaan yang terlalu besar

3. barang produksi berbeda corak, sehingga secara fisik mudah dibedakan antara produksi suatu perusahaan dengan perusahaan lain

4. peluang untuk memasuki pasar persaingan sempurna bagi perusahaan baru relatif lebih mudah daripada pasar monopoli

5. perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan dalam menentukan dan mempengaruhi harga

kelebihan :

1. konsumen dapat menikmati berbagai merek, model, warna dari berbagai barang yang dihasilkan produsen

2. konsumen dapat memilih sesuai dengan kemampuan uang yang dimiliki

kekurangan :

1. masih banyak perusahaan kecil karena efisiennya masih rendah

2. karena kurang efisien, harga barang yang dibayar konsumen masih tinggi

contoh : perusahaan pakaian dan perabotan rumah tangga

  • Pasar Oligopoli

terdiri atas beberapa penjual, barang yang difernsial dan barang yang homogen pula

ciri - ciri:

1. hanya terdapat sedikit penjual, sehingga keputusan dari salah satu penjual akan mempengaruhi penjual lainnya

2. produk - produknya terstandardisasi, terutama pada produk industri bahan mentah

3. kemungkinan perusahaan untuk masuk pasar masih terbuka, asal bisa menyaingi perusahaan yang ada

4. peran iklan sangat besar pengaruhnya terhadap pengembangan perusahaan

kelebihan :

- adanya inisiatif perusahaan untuk selalu meningkatkan mutu, munculnya produksi baru atau menurunkan harga jual karena khawatir produknya disaingi oleh perusahaan lain.

kekurangan :

- kemungkinan timbulnya ketimpangan dalam distribusi pendapatan dan tidak terjadinya efisiensi produksi sehingga harga merugikan konsumen.

contoh : perusahaan baja, telepon, semen

sumber:

http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_9105/title_bentuk-bentuk-pasar/

0 komentar :

Posting Komentar